Jumlah Pengunjung

Jumat, 29 April 2016

Article for everyone

Hasil penyepaktan Refleksi Kemiskinan & Lokakarya hasil Pemetaan Swadaya inilah yang akan dijadikan sebagai dasar penyusunan Perencanan Jangka Menengah (PJM). Dalam proses penyusunan PJM inilah masyarakat akan diberikan pembelajaran untuk menentukan mana-mana kegiatan yang akan dilakukan di tahun pertama, kedua & ketiga. Proses kegiatan penentuan ini disebut dengan Skala Prioritas. Oleh karena tidak semua aspirasi masyarakat dapat ditampung dalam perencanaan tahunan, maka setiap tahunnya harus dilakukan kegiatan peninjauan ulang (REVIEW) PJM / Renta tahunan. Hal ini dilakukan agar aspirasi masyarakat yang belum terakomodir dapat ditampung dalam perencanaan bersama ini dengan tetap mempertimbangkan potensi yang dimiliki oleh warga / kelurahan.
Pertanyaan - pertanyaan penting dalam kegiatan review PJM Pronangkis adalah :
1.  Apakah masyarakat telah membuat komitmen untuk setiap usulan pembangunan yang diajukan ?
2.  Apakah program yang telah dirinci dalam rencana Tahunan (Renta) ke-1 dan ke-2 telah dapat direalisasikan seluruhnya ? Jika belum kenapa ? Apa saja kendala yang dihadapi (BKM, KSM, Masyarakat) ?
3. Dilihat dari aspek sasaran, apakah kegiatan yang dilakukan dapat memberikan manfaat langsung bagi mayoritas masyarakat miskin ? Jika memberi manfaat, seberapa besar jangkauan kemanfaatannya bagi masyarakat miskin ?
4. Apakah penerima manfaat kegiatan tercantum dalam daftar PS-2 ?
5. Bagaimana dengan tingkat keswadayaan masyarakat ? apakah komitmen yang dibangun masyarakat untuk berkontribusi dalam kegiatan nangkis sebagaimana terinci dalam renta maupun proposal kegiatan dapat ditepati ?  Jika tidak, apa yang menjadi penyebabnya ?
6. Apakah sinergi atau kemitraan dengan pemerintah daerah dan stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya telah terbangun dengan baik ?

Pertanyaan - pertanyaan tersebut menjadi penting untuk direfleksikan dalam pelaksanaan review PJM Pronangkis.  Keterlibatan para pelaku (masyarakat, pemerintah & kelompok peduli) menjadi kunci keberhasilan kegiatan review program (PJM) sebab semakin banyak komponen masyarakat terlibat dalam kegiatan review akan semakin memperkecil kecemburuan dalam pengambilan keputusan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls